Solusi Kurangi Angka Pengangguran, Boy Rafli Ajak Alumni Perkuat Jaringan

Komjen Pol (purn) Boy Rafli Amar mengatakan, ikatan tamatan berperat kuat dalam memecahkan angka pengangguran. Menurut dia, jaringan dimiliki tamatan akan memudahkan para tamatan sekolah untuk mengisi lapangan kerja.

“Potensi yang dimiliki lintas tamatan sungguh-sungguh banyak. Potensi itu bisa menjadi aset bagi bangsa,” kata pria yang kini diandalkan sebagai Ketua Lazim Ikatan Alumni SMA Negeri 37 Jakarta saat agenda halal bihalal, via siaran pers diterima, Pekan (2/6/2024).

Pensiunan Jenderal Bintang Tiga ini memperhatikan, potensi bagus dari jaringan tamatan sepatutnya dirawat. Karena, mereka yaitu aset untuk masyarakat.

Kita sepatutnya menjadi subjek bagi kegiatan kegiatan perekonomian bangsa kita sendiri,\\” ajak dia.

Boy menyebut, perkembangan teknologi dan inovasi membikin kompetisi hidup kian ketat. Maka demo spaceman dari itu, selain memperkuat jaringan tamatan karenanya ambisi kuat untuk meraih cita-cita juga sepatutnya diniatkan.

“Ini kompetisi sungguh-sungguh ketat. Artinya, skor tambah keahlian itu sepatutnya ada,” dorong eks kepala BNPT ini.

Boy memberi saran, tiap-tiap tamatan bisa memiliki jiwa berwirausaha. Tujuannya, agar bisa memberikan wadah pembekalan dan pelatihan untuk adik kelasnya dengan pelbagai kegiatan.

“Bagaimana menjadi pelaku wirausaha yang berdaya saing di tengah masyarakat, kecakapan itu yang sepatutnya kita berikan pembekalan. Jangan segala berdaya upaya menjadi pegawai, menjadi PNS, ASN, TNI Polri. Melainkan kecakapan untuk berwirausaha,” kata Boy.

Boy juga menekankan pentingnya pengajaran perguruan tinggi. Dia ingin tak ada lagi masyarakat yang berfikir cukup sampai SMA.

“Lanjut ke perguruan tinggi yaitu keadaan yang pas. Kita tak hanya berbicara kaitan keadaan sulit uang. Banyak keluarga yang latar belakang ekonominya awam saja, tetapi si kecilnya sekolah di perguruan tinggi yang hebat, malahan ke luar negeri,\\” harap Boy.

“Kita sepatutnya menunjang memotivasi para pelajar untuk menjadi insan yang berprestasi. Jikalau prestasi tak ada, tentu menjadi bobot bagi masyarakat,” imbuh Boy menandasi.

Organisasi Masa Depan Siswa
Sementara itu Humas Ikatan Alumni SMA Negeri 37 Jakarta Hendri Satrio menambahkan bahwa Ikatan Alumni bukan hanya sekedar organisasi silaturahim saja, tetapi juga organisasi masa depan para siswa.

Menurut Hensat, panggilan akrabnya, Ikatan Alumni sepatutnya membikin jaringan para siswa meluas sehingga membuka peluang kerja lebih terbuka dan hal ini bisa dinikmati manfaatnya.