Kemendagri Akan Canangkan Gerakan Dari 10 Juta Bagian Bendera Paser Utara

Penajam Paser Utara Dalam rangka menyemarakkan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia, Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) via Direktorat Jenderal (Ditjen) Politik dan Pemerintahan Umum (Polpum) menggelar Pencanangan Gerakan Pembagian 10 Juta Bendera Merah Putih Tahun 2024 di Lapangan Kantor Bupati Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur (Kaltim), Sabtu (8/6/2024).

Pencanangan berlangsung di Penajam Paser Utara untuk memberi tahu Ibu Kota Negara Baru Indonesia ke masyarakat luas.

“Jadi inikan kabupaten terdekat slot depo 10k dengan ibu kota negara, bisa kita katakan juga penopangnya atau buffer-nya, sehingga kita lebih menyuarakan kepada seluruh Indonesia bahwa ini [ibu kota negara yang baru] agar lebih diketahui,” ujar Pelaksana Harian (Plh.) Direktur Jenderal (Dirjen) Polpum Togap Simangunsong ketika dijumpai di sela acara.

Togap mengatakan, aktivitas ini adalah langkah untuk memulai Gerakan Pembagian 10 Juta Bendera Merah Putih yang akan berlangsung di seluruh Indonesia.

“Di sini kita start mulanya untuk seluruh Indonesia, kemudian nanti puncaknya sekitar nanti pada tanggal 17 Agustus yang akan datang,” imbuhnya.

Sebar 1.500 Bendera Merah Putih di Penajam Paser Utara
Dia menyebutkan, total bendera Merah Putih yang sudah disebarkan di Kabupaten Penajam Paser Utara sebanyak 1.500 buah.

Togap berharap, dengan adanya gerakan ini bisa meningkatkan rasa nasionalisme seluruh masyarakat Indonesia dan memperkuat rasa cinta kepada bendera Merah Putih.

“Bendera inikan lambang negara kita, jadi bagaimanapun ini akan lebih kita tingkatkan [rasa] semangat nasionalisme,” tuturnya.

Kirab Bendera Merah Putih Diikuti 1.500 Peserta
Pencanangan gerakan ini ditandai dengan kirab Bendera Merah Putih dari Mesjid Agung Al Lapang Kabupaten Penajam Paser Utara menuju Lapangan Upacara Kantor Bupati Penajam Paser Utara. Kirab ini dibuka langsung oleh Penjabat (Pj.) Bupati Penajam Paser Utara Makmur Marbun.

Aktivitas ini dicontoh oleh lebih kurang 1.500 peserta dari pelbagai kalangan yang ikut serta serta membawa bendera Merah Putih. Mereka di antaranya pasukan drumband, Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka), perwakilan Organisasi Perangkat Daerah (OPD), organisasi kemasyarakatan (Ormas), siswa-siswi SD, SMP, dan SMA, serta masyarakat awam.

Kirab ini ditutup dengan penyerahan bendera Merah Putih yang dibawa oleh Paskibraka kepada Plh. Dirjen Polpum Kemendagri, Pj. Bupati Penajam Paser Utara, dan Wakil Kepala Kepolisian Resor (Wakapolres) Penajam Paser Utara.