Indosat Catat Laba Rp 1,29 Triliun Kuartal 1 2024, Mau Terus Perluas 4G dan Konsentrasi ke AI

Indosat Ooredoo Hutchison (IOH) mencatat sempurna laba bersih Rp 1,29 triliun hingga kuartal pertama 2024. Nilai ini meningkat 39,4 persen dibandingi periode yang sama tahun lalu.

Adapun pendapatan Indosat selama kuartal pertama tercatat Rp 13,8 triliun atau naik hampir 16 persen dibandingi periode yang sama tahun lalu. Sepanjang catatan perusahaan setelah merger, Indosat Ooredoo Hutchison kini mengelola 100,8 juta pelanggan.

Untuk melayani pelanggan yang tersebar di seluruh Indonesia ini, Indosat kini disupport 183.760 BTS 4G (naik 20 persen dibandingi periode lalu). Catatan Indosat juga menyebutkan, saat ini rata-rata pendapatan Indosat per pelanggan (ARPU) menempuh Rp 37.500. Jumlah ini naik 13,9 persen dibandingi periode yang sama tahun lalu.

Kunci Indosat Tingkatkan ARPU

Director & Chief Commercial Officer Indosat Ooredoo Hutchison Ritesh Kumar Singh mengungkapkan, salah satu kunci Indosat meningkatkan ARPU adalah sebab Indosat tak sekedar jualan produk dan layanan.

\\”Kami berusaha masuk ke pelanggan, berusaha menyelesaikan permasalahan mereka. Salah satu fokusnya dengan pengaplikasian artificial intelligence via aplikasi (MyIM3 dan mahjong ways 3 Bima+ Tri) yang kapabel mempelajari tradisi dan keperluan pelanggan dan menghadirkan paket yang cocok dengan keperluan mereka,\\” kata Ritesh, dalam konferensi pers berakhir RUPST di Gedung Kantor Indosat Ooredoo Hutchison, Jakarta, Selasa (21/5/2024).

Ritesh menyebut, selain dengan pendekatan teknologi AI di aplikasi layanan pelanggannya, Indosat juga memastikan untuk jadi sahabat setia bagi pelanggan. Ritesh mengungkapkan, bagi Indosat, pelanggan adalah sentra dan fokus utama perusahaan.

Tawarkan Solusi Biar Pelanggan Makin Loyal

Bagaimana pelanggan kami adalah center, kami berusaha mendengarkan keperluan pelanggan. Seumpama di perdesaan kami bukan hanya jadi mitra telekomunikasi namun bisa juga menghadirkan pinjaman via kerja sama dengan perbankan. Dengan begitu pelanggan akan makin percaya ke Indosat dan setia (dengan demikian, pengeluaran mereka di Indosat akan meningkat),\\” kata Ritesh.

Senada dengan Ritesh, Chief Financial Officer Indosat Ooredoo Hutchison Nicky Lee, mengungkapkan apabila langkah Indosat menawarkan solusi untuk menolong permasalah pelanggan membuat perusahaan optimistis angka ARPU akan terus meningkat.

\\”ARPU akan terus tercermin dari upaya kami mendengarkan pelanggan,\\” ia mengimbuhi.

Perluas 4G ke Lebih Banyak Tempat

Sebagai perusahaan telekomunikasi yang punya fokus memberdayakan masyarakat Indonesia, Chief Technology Officer Indosat Ooredoo Hutchison Desmond Cheung menyebutkan, \\”Indosat berambisi untuk mengkover lebih banyak zona, utamanya di wilayah pedesaan dan Indonesia Timur.\\”

Salah satunya dengan ekspansi perluasan jaringan 4G. Padahal begitu, Desmond tak menampik apabila masih ada BTS 2G yang dimiliki perusahaan. Ini sebab di kalangan pelanggan yang tinggal di pedesaan, cakupan jaringan 4G masih belum merata sebab keterbatasan pembangunan infrastruktur dan kapasitas transport.

\\”2G akan konsisten dipertahankan di sebagian daerah, namun pembangunan jaringan 4G menjadi yang utama,\\” tutur ia.